Selamat Datang di Website Polbangtan Medan | Mari Kita Berpartisipasi Aktif Wujudkan PERTANIAN MAJU, MANDIRI, MODERN TANPA KORUPSI | Pengumuman seputar Polbangtan Medan "Pengumuman Penetapan Kelulusan hasil Pemeriksaan Kesehatan Jalur Undangan Anak Petani dan Penyuluh, Undangan dari SMK dan Jalur Umum di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan Tahun Akademik 2024/2025"  dapat dilihat pada Pengumuman Polbangtan dibawah! | Event Polbangtan Medan "Millenial Agriculture Forum (MAF) Polbangtan Medan Volume 5 Edisi 20" dapat dilihat pada rubrik Event dibawah ! | Berita seputar Kementerian Pertanian & Polbangtan Medan  "Wujudkan Ketahanan Pangan, Polbangtan Kementan Hadirkan Inovasi Pemuliaan Tanaman"  dapat dilihat pada rubrik Seputar Polbangtan Medan di bawah!

 

 

 

 

 

Perluas Wawasan, Kementan Gelar Pelatihan  Analis Usaha Sektor Pertanian
  • Polbangtan Medan
  • Sunday, 12 November 2023

Perluas Wawasan, Kementan Gelar Pelatihan Analis Usaha Sektor Pertanian

MEDAN – Kementeriant Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan bekerjasama dengan PT Bank Sumut memberikan pelatihan analisa usaha pertanian kepada 36 Account Officer dari seluruh kantor cabang Bank Sumut.

Pelatihan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 9 November hingga 11 November 2023 di Polbangtan Medan. Materi pelatihan diisi oleh dosen-dosen Polbangtan Medan yang ahli di dalam bidang pertanian.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur II Polbangtan Medan, Mukhlis Yahya dan    Pimpinan Devisi Retail PT Bank Sumut, Erwin Zaini.         

Pelatihan bagi account officer ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas para account officer atau analis kredit PT Bank Sumut dalam melakukan analisa usaha pada sektor pertanian.

Dengan begitu, para petani bisa mendapatkan dana kredit sesuai dengan usaha taninya sehingga bisa meningkatkan produksi pangan dari lahan taninya.

Dan ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian RI Andi Arman yang melakukan pembenahan besar-besaran untuk meningkatkan produktivitas dan produksi pangan Indonesia sehingga menjadi lumbung pangan dunia.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa target akselerasi percepatan ini adalah terwujudnya swasembada pada tahun 2025 mendatang sehingga Indonesa bisa menekan kebijakan impor. 

Karena itu, Dedi mengajak agar kampus dan para akademisi lain terlibat secara langsung dalam proses percepatan ini. Salah satunya dengan memberikan pelatihan dan pendidikan yang berkaitan dengan pertanian.

Wakil Direktur II Polbangtan Medan, Mukhlis Yahya dalam sambutannya,berharap, pelatihan ini bisa menambah wawasan bagi para account officer untuk menganalisa usaha tani bagi para petani yang akan mengajukan kredit pinjaman untuk usaha tani nya.

“Diharapkan melalui pelatihan ini, para analis kredit bisa memahami bagaimana usaha pertanian sehingga bisa memberikan suntikan dana kepada petani yang tepat,”ujarnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Pimpinan Devisi Retail PT Bank Sumut, Erwin Zaini yang mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan kapasitas sumber daya PT Bank Sumut khususnya para account officer atau analis kredit.

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset