Selamat Datang di Website Polbangtan Medan |  Pengumuman seputar Polbangtan Medan "Pelaksanaan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa Baru Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan Tahun Akademik 2023/2024"  dapat dilihat pada Pengumuman Polbangtan dibawah! | Event Polbangtan Medan "Soft Launching Aplikasi CoS Easy  dan Sosialisasi Badan Usaha Pertanian Kampus Polbangtan Medan" dapat dilihat pada rubrik Event dibawah ! | Berita seputar Kementerian Pertanian & Polbangtan Medan  "Program Magang, Mahasiswa Polbangtan Kementan Tanam Bibit Kopi di Sipirok"  dapat dilihat pada rubrik Seputar Polbangtan Medan di bawah!

 

 

 

 

 

Pengabdian Masyarakat, Polbangtan Kementan Bina Pertanian Terpadu di Dairi Sumut
  • Polbangtan Medan
  • Sunday, 5 November 2023

Pengabdian Masyarakat, Polbangtan Kementan Bina Pertanian Terpadu di Dairi Sumut

DAIRI - Pengabdian Masyarakat (PM) menjadi kewajiban setiap perguruan tinggi, begitu pula Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) sebagai politeknik lingkup Kementerian Pertanian RI, utamanya untuk meningkatkan produktivitas pangan dan kesejahteraan petani melalui pembinaan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) di Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut sejalan arahan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang berupaya melakukan pembenahan besar-besaran untuk meningkatkan produktivitas dan produksi pangan.

“Indonesia akan berdaulat dan menjadi negara pengekspor beras pada 2027, dengan produksi beras dari lahan sebesar 10 juta ton. Syaratnya, setiap tahun ada peningkatan lahan satu juta hektar, sehingga terjadi penambahan produksi 2,5 juta ton beras setiap tahun," sebut Amran.

Kepala Badan Pengembangan dan Penyuluhan SDM Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi mengatakan pertanian terpadu merupakan integrasi beberapa komoditas di dalam beberapa komoditas pertanian, untuk memaksimalkan keuntungan agrobisnis dan optimalisasi lahan.

“Pertanian terpadu akan memelihara siklus yang bisa dimanfaatkan dari masing-masing komoditas sehingga terciptanya zero waste. Konsep ini harus dipahami dan diimplementasikan oleh seluruh penyuluh pertanian dan pelaku utama yaitu para petani," kata Dedi.

Dedi menambahkan, guna mewujudkan hal itu, perlu didukung dengan peningkatan kompetensi dan kapasitas para petani melalui pelatihan untuk mencetak SDM pertanian andal dan kompetitif.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan pihaknya aktif melakukan Pengabdian Masyarakat Pembinaan BP3K bagi pelaku utama dan pelaku usaha pertanian di Sumatera bagian utara.

Pada kegiatan PM di Kabupaten Dairi pada tanggal 3 November 2023, dosen Polbangtan Medan bersama penyuluh pendamping pada Balai Penyuluhan Pertanian [BPP] Parbuluan berupa pelatihan pada perwakilan sejumlah kelompok tani yang melakukan budidaya pada lokasi KPT di Dairi bagi komoditas hortikultura seperti cabai, terong dan aneka sayuran pada akhir Oktober lalu.

Dosen Polbangtan Medan, Retmono Agung Winarno mengusung tema Analisis Kelayakan Ekonomi terkait revenue/cost ratio [R/C Ratio], benefit/cost ratio [B/C Ratio] dan perhitungan R/C dan B/C Ratio diikuti analisis dan praktik perhitungan R/C dan B/C Ratio usaha tani cabai merah dan cabai rawit.

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset