Selamat Datang di Website Polbangtan Medan |  Pengumuman seputar Polbangtan Medan "Pelaksanaan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa Baru Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan Tahun Akademik 2023/2024"  dapat dilihat pada Pengumuman Polbangtan dibawah! | Event Polbangtan Medan "Soft Launching Aplikasi CoS Easy  dan Sosialisasi Badan Usaha Pertanian Kampus Polbangtan Medan" dapat dilihat pada rubrik Event dibawah ! | Berita seputar Kementerian Pertanian & Polbangtan Medan  "Program Magang, Mahasiswa Polbangtan Kementan Tanam Bibit Kopi di Sipirok"  dapat dilihat pada rubrik Seputar Polbangtan Medan di bawah!

 

 

 

 

 

Hadir di Lake Toba Fashion Week  Agriculture 2023, Polbangtan Kementan Tampilkan Berbagai Inovasi
  • Polbangtan Medan
  • Sunday, 15 October 2023

Hadir di Lake Toba Fashion Week Agriculture 2023, Polbangtan Kementan Tampilkan Berbagai Inovasi

HUMBANG HASUNDUTAN - Kementerian Pertanian RI melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), khususnya Polbangtan Medan diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) atas partisipasi aktif mengikuti Pameran Protipe Pertanian, dalam rangkaian kegiatan Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023.

Apresiasi Pemkab Humbahas bagi Polbangtan Medan diberikan oleh Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa atas partisipasi Kementan mendukung kegiatan yang bertujuan  mempromosikan pariwisata, fashion, UMKM, produk pertanian dan perlombaan prototipe pertanian.

Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 berlangsung di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Humbahas di Provinsi Sumatera Utara diikuti beberapa kabupaten di sekitar Danau Toba yakni abupaten Toba, Tapanuli Utara, Samosir, Dairi, Simalungun, Karo dan Pakpak Barat digelar selama tiga hari, 6 - 8 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut sejalan upaya Kementan melakukan terobosan dan inovasi yang berdampak positif terhadap kinerja pertanian di Indonesia.

Kementan menegaskan manusia tidak bisa hidup tanpa pertanian, karena merupakan kekuatan dan sumber daya paling besar bagi Indonesia. Membangun pertanian ke depan butuh semangat dan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang lebih bermanfaat.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyoroti tentang kaitan erat inovasi pertanian dengan petani milenial sebagai harapan bangsa dan negara.

"Mulai saat ini, kita harus didik dan mempersiapkan serta menggenjot mental, ilmu, keterampilan dan lain-lain, agar generasi milenial menggeluti pertanian untuk menjadi petani yang terampil, tangguh dan profesional,” kata Dedi.

Mahasiswa Polbangtan Medan yang mengikuti Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 dari Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan yakni Agung Setiawan, Davin Shah Reza dan Restu Bima Rizaldi didampingi dosen Makruf Wicaksono. Mereka menampilkan sejumlah inovasi pertanian seperti puding climenta, minuman tlor cinamon, jaheva, eco clean dan media tanam pot organik.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengapresiasi partisipasi mahasiswanya pada Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 yang diikuti tujuh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dua universitas dan kelompok tani (Poktan) sekawasan Danau Toba.

Kegiatan yang dilombakan antara lain perlombaan prototipe pertanian, perlombaan penangkar benih bawang merah, talk show petani muda dan agrowisata pertanian.

"Mahasiswa Polbangtan Medan menampilkan sejumlah inovasi pertanian yang menggunakan bahan-bahan alami dan mengolah limbah pertanian yang jarang dimanfaatkan," katanya.

Upaya tersebut, tambah Yuliana, sejalan visi dan misi Polbangtan Medan dalam menyiapkan SDM pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset