Upgrading Senat Mahasiswa Polbangtan Medan

Upgrading Senat Mahasiswa Polbangtan Medan

Kamis, 8 Juli 2021

Medan (ANTARA) - Upgrading Senat Mahasiswa (SEMA) Polbangtan Medan merupakan acara pembekalan para pemimpin organisasi di kampus Polbangtan Medan. 

Tujuan diadakan kegiatan ini untuk menambah wawasan para pengurus organisasi serta berbagi pengalaman bersama para demisioner organisasi. 

Acara upgrading SEMA ini mengangkat tema Make A Team Work, Get A Dream Work, dimana maksud dari tema tersebut untuk membentuk sebuah tim kerja untuk mencapai mimpi dari kinerja tim.

Kegiatan Pembekalan (Upgrading) Pengurus Organisasi Mahasiswa Polbangtan Medan Periode 2021-2022 bersama Bimtan Organisasi,  Alumni, dan Mantan Pengurus periode sebelumnya telah dilaksanakan dari hari Senin s/d Selasa tgl 5-6 Juli 2021, secara virtual. 

Kegiatan ini diikuti 120 orang mahasiswa sebagai perwakilan dari masing-masing organisasi mulai dari BEM, BPM, PROVOST, HMJ Jurusan Pertanian, dan HMJ Jurusan Perkebunan Polbangtan Medan. 
Kegiatan ini dilakukan setiap tahun dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan pengalaman para mahasiswa Polbangtan Medan dalam kepengurusan organisasi-organisasi yang ada di kampus Polbangtan Medan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pernah menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) terus berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian saat kegiatan Kuliah umum di Polbangtan Medan. Syahrul berpesan kepada mahasiswa agar terus belajar karena saat ini kita harus mampu bersaing dengan negara luar.

"Kalian ini adalah pionir penentu kesejahteraan bangsa ini. Miskin atau tidak masyarakat ada di tangan kamu (mahasiswa)," kata Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangsan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan output dan tujuan dari program pendidikan ini adalah menciptakan Job Seeker dan Job Creator, yaitu membentuk wirausahawan muda pertanian dan SDM yang siap bekerja di dunia usaha serta industri pertanian. 

“Pembentukan karakter yang paling penting adalah karakter kedisiplinan dan karakter pertanian. Karakter kediplinan akan menciptakan pribadi yang tangguh, pantang menyerah serta mandiri” kata Dedi.

Direktur Polbangtan Yuliana Kansrini mengatakan organisasi membutuhkan kader potensial sebagai penerus estafet dalam roda kepengurusan. Kader potensial adalah individu yang mampu memanfaatkan tantangan dan dinamika organisasi sebagai kesempatan belajar dalam pengembangan karakter, kemampuan soft skill utk menghasilkan kreativitas dan inovasi.

Dibutuhkan kemampuan kepemimpinan (Leadership), manajemen baik mengelola diri maupun mengelola orang banyak. Agar semua berjalan dengan sukses, dibutuhkan keterampilan berkomunikasi yang efektif. 

Semuanya adalah proses belajar dan latihan yang bisa diperoleh dengan berorganisasi.

“Harapan kedepannya kemampuan berorganisasi menjadi bekal dalam pengembangan soft skill setelah nanti mahasiswa lulus dari Polbangtan Medan” katanya.

Acara upgrading SEMA ini menghadirkan pemateri hebat yang memiliki pengalaman organisasi. Salah satunya adalah Abrar Ashari Siregar,S.Tr.P merupakan mahasiswa lulusan terbaik Polbangtan Medan tahun 2020. 

Kegiatan ini juga didampingi oleh Puji Wahyu Mulyani,SP,M.Sc sebagai Bimtan organisasi Polbangtan Medan dan  para demisioner hebat.