Tim dosen Polbangtan Medan laksanakan seminar proposal penelitian secara daring

Tim dosen Polbangtan Medan laksanakan seminar proposal penelitian secara daring

Selasa, 9 Maret 2021

Medan (ANTARA) - Sebanyak 10 Tim Dosen Polbangtan Medan meneliti Seminar Proposal Penelitian secara daring melalui aplikasi Zoom

"Seminar proposal ini berlangsung dari tanggal 4-15 Maret 2021," kata Plt Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, di Medan, Selasa (9/3). 

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Polbangtan Medan, sebutnya, konsisten mendukung dilaksanakannya penelitian tim dosen. 

"Kegiatan ini tidak lepas tuntutan agar Polbangtan Medan dapat menghasilkan inovasi baru (penelitian) yang memberi solusi pada permasalahan petani serta manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat luas, " jelasnya. 

Sejalan apa yang disampaikan Kepala BPPSDM Pertanian Kementerian Pertanian RI, Prof Dedi Nursyamsi, mengatakan tugas pokok dan fungsi Polbangtan adalah menghasilkan petani millenial sumber daya manusia pertanian calon penerus pembangunan pertanian yang andal, kompeten, profesional, berdaya saing, dan memiliki jiwa enterpreneurship yang tinggi. 

"Untuk menghasilkan qualified job creator dan qualified job seeker, praktisi pertanian yang profesional, andal dan berjiwa enterpreneurship yang tinggi harus dimulai dari dosen yang andal, profesional dan berjiwa wirausaha tinggi," tegasnya. 

Dosen harus luar biasa. Kapasitasnya semuanya harus ditingkatkan. SDM yang unggul akan tercipta inovasi (teknologi) yang dapat mendongkrak produktivitas. 

Tujuannya antara lainnya; pertama melaksanakan 10 paket penelitian, kemudian menghasilkan penelitian sesuai Permenristekdikti nomor 44 tahun 2015 tentang SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi). 

Kemudian menjamin pengembangan penelitian unggulan (spesifik), meningkatkan kapasitas penelitian, mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia, peningkatkan diseminasi hasil penelitian dan perlindungan kekayaan intelektual secara Nasional dan Internasional.