Sosialisasi ISO 21001:2018 di Polbangtan Medan selesai dilaksanakan

Sosialisasi ISO 21001:2018 di Polbangtan Medan selesai dilaksanakan

Sabtu, 10 April 2021

Medan (ANTARA) - Sosialisasi ISO 21001:2018 tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan di Ruang Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan selesai dilaksanakan.

Demikian disampaikan Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di Medan, Sabtu (10/4). ISO 21001:2018 merupakan Educational organizations -- Management systems for educational organizations -- Requirements with guidance for use.

Atau Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan merupakan standar sistem manajemen yang berdiri sendiri dan selaras dengan ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) melalui penerapan High Level Structure (HLS) yang fokus pada interaksi spesifik antara lembaga pendidikan, pelajar, pelanggan dan pihak terkait lainnya.

"Standar ini menyediakan alat manajemen umum untuk lembaga pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan memenuhi kebutuhan dan harapan para pelanggan," katanya. 

ISO 21001:2018 nantinya akan disinergiskan dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang telah diimplementasikan oleh Polbangtan selama ini.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari sejak 9-10 April 2021 mendatangkan narasumber dari pakar ISO, Ivar Kusradi Sudrajat, ST, M. Eng perwakilan dari ZUTEST dari Mitra Sejati Fazahara. 

Peserta dalam sosialisasi ini sebanyak 25 orang terdiri dari unsur pimpinan (Wadir 1,2, dan 3 Polbangtan Medan), Kepala BAU dan koordinator, Kepala BAAK dan koordinator, Kepala UPM, Manajer TEFA, Kepala UPPM, Ketua Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Ketua Program Studi Penyuluhan Perkebunan Presisi, dan Ketua Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Kepala Unit TIK, Kepala laboratorium/unit, dan Gugus Jaminan Mutu.

Diakhir acara dilakukan penyerahan simbolis sertifikat kepada peserta.