Sertifikasi Desain Grafis : 108 Mahasiswa Polbangtan Medan Kompeten

Sertifikasi Desain Grafis : 108 Mahasiswa Polbangtan Medan Kompeten

Selasa, 5 Oktober 2021

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mencanangkan program utama pembangunan pertanian dalam upaya mewujudkan pembangunan pertanian Indonesia yang Maju, Mandiri dan Modern. 

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan, bahwa petani milenial harus kerja keras, fokus dan update perkembangan teknologi. Dengan begitu kita akan memberikan kontribusi terhadap tujuan pembangunan pertanian.

“Yang tidak kalah pentingnya, kita harus mampu mencetak sumberdaya manusia (SDM) yang professional, mandiri, berdaya saing dan memiliki jiwa wirausaha. Untuk mencapai hal tersebut, Pelatihan dan Sertifikasi bagi SDM pertanian adalah hal yang mutlak dilakukan,” ujar Dedi.

Untuk meningkatkan kualitas SDM Pertanian, Kementerian Pertanian melalui Polbangtan Medan Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital melaksanakan sertifikasi bidang desain grafis untuk mahasiswa Polbangtan Medan. Sertifikasi ini dilaksanakan selama 2 hari kerja karena masih dalam situasi pandemi covid-19 sehingga harus dilaksanakan secara virtual.

Dimulai dengan proses pra asesmen yang dilakukan selama 1 hari penuh dengan pembagian sesi sesuai jadwal. Para peserta melaksanakan proses pra asesmen uji kompetensi dan melengkapi berkas-berkas yang menjadi persyaratan pelaksanaan uji kompetensi. Peserta difasilitasi dengan aplikasi pendukung, antara lain Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Sertifikasi bidang desain grafis dilaksanakan dari tanggal 29 sampai 30 September 2021 dengan jumlah peserta 134 mahasiswa  semester 5 dari Polbangtan Medan. Dalam pelaksanaan asesmen, peserta dibagi dalam 14 grup dengan asesor berasal dari LSP Teknologi Digital yaitu  Setyawati, Husni, Risha, Novario, Sapta, Sandra dan Nurdiansyah. Sebanyak 108 peserta dari 134 peserta direkomendasikan “kompeten” pada bidang desain grafis.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan di era 4.0 menuntut seseorang untuk terbuka dengan bidang ilmu menjadi kewajiban yang harus ditempuh. Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat dapat dimanfaatkan dengan penerapan ketrampilan dan kreativitas dalam menciptakan suatu karya. Sertifikasi kompetensi ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa Polbangtan Medan yang akan lulus guna menambah portofolio dan membantu dalam mencari pekerjaan atau menciptakan pekerjaan nantinya.

“Dengan adanya sertifikasi desin grafis ini dapat memotivasi peserta agar mampu mengembangkan kemampuan yang ada dalam dirinya untuk terus berkreasi untuk menghasilkan suatu karya yang inovatif dan kreatif di era 4.0. Saya kira kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara rutin pada setiap calon lulusan Polbangtan Medan untuk membekali lulusan untuk menarik kepercayaan masyarakat atau dunia industry bahwa lulusan Polbangtan Medan itu kompeten ” kata Yuliana.