PPKM Darurat, Kementan gelar test wawancara online jalur POSKM di Medan

PPKM Darurat, Kementan gelar test wawancara online jalur POSKM di Medan

Rabu, 14 Juli 2021

Medan (ANTARA) - Masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat Kota Medan, Politeknik Pembangunan Pertanian Medan yang merupakan salah satu UPT yang berada dibawah naungan Kementerian Pertanian RI, melakukan test wawancara penerimaan mahasiswa baru jalur Prestasi, Olahraga, Seni, Keilmuan dan Minat (POSKM) secara online. 

Hal ini juga upaya Polbangtan Medan untuk mengatasi lonjakan COVID-19 dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Wawancara online Jalur POSKM dibuka langsung secara resmi oleh Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini bersama seluruh panitia dan tim pewawancara  yang ada di Aula Polbangtan Medan. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada  Selasa (13/7)  pukul 08.00 WIB melalui via Zoom Conference.  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebelumnya juga menekankan bahwa proses seleksi PMB Polbangtan (Medan) harus sesuai prosedur dan bertindak secara transparan dan terbuka.

"Sesuai komitmen tinggi dari Kementerian Pertanian RI dan  petunjuk serta arahan BPPSDMP mempercepatan regenerasi petani dalam menumbuhkan petani pengusaha milenial yang maju, mandiri dan modern,  Polbangtan Medan saat ini berperan aktif  dalam membuka penerimaan mahasiswa baru jalur POSKM untuk menjaring calon mahasiswa berprestasi," kata Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di Medan.

"Dari 191 pendaftar, sebanyak 120 orang yang lulus administrasi dan merekalah yang mengikuti test wawancara ini ” katanya.

"Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi sudah sampaikan proses seleksi PMB Polbangtan dan PEPI tetap dilakukan meski secara online akibat covid-19  mengingat agenda wajib tahunan," tambahnya.

Koordinator Kelompok Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, John Kedan, mengatakan teknisnya wawancara berlangsung 15 menit dimana peserta akan menjawab pertanyaan tertutup 5 menit serta diberi waktu 10 menit menjawab pertanyaan terbuka. 

Penggalian prestasi juga dilakukan seperti memiliki sertifikat, piagam, penghargaan, proposal dan hal lainnya yang dianggap pendukung dibidang prestasi, olahraga, seni, keilmuan dan minat.