Polbangtan Medan Selenggarakan PKL bagi mahasiswa Program Studi TPTP

Polbangtan Medan Selenggarakan PKL bagi mahasiswa Program Studi TPTP

Senin, 12 Juli 2021

Medan (ANTARA) - Program Studi Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan merupakan salah satu program studi yang ada di Polbangtan Medan menyelenggarakan fungsi yaitu melaksanakan dan mengembangkan program pendidikan professional di bidang Perkebunan khususnya Asisten Kebun. Hal ini sesuai dengan profil lulusan program studi TPTP sebagai asisten kebun yang kompeten, mandiri, dan profesional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pernah menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) terus berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian saat kegiatan Kuliah umum di Polbangtan Medan. 

Syahrul berpesan kepada mahasiswa agar terus belajar karena saat ini kita harus mampu bersaing dengan negara luar.

"Kalian ini adalah pionir penentu kesejahteraan bangsa ini. Miskin atau tidak masyarakat ada di tangan kamu (mahasiswa)," kata Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangsan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan output dan tujuan dari program pendidikan ini adalah menciptakan Job Seeker dan Job Creator, yaitu membentuk wirausahawan muda pertanian dan SDM yang siap bekerja di dunia usaha serta industri pertanian. 

“Pembentukan karakter yang paling penting adalah karakter kedisiplinan dan karakter pertanian. Karakter kediplinan akan menciptakan pribadi yang tangguh, pantang menyerah serta mandiri” kata Dedi.

Untuk mencapai kompetensi tersebut, maka diselenggarakan Praktik Kerja Lapang (PKL I dan II) dengan jumlah mahasiswa 138 orang yang terdiri dari 70 mahasiswa tingkat 2 dan 68 mahasiswa tingkat 4 selama 2 bulan mulai tanggal 5 Juli – 3 September 2021. 

Adapun lokasi PKL yang dituju yaitu beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan seperti IP2TP Gayo, PT. Mopoli Raya, PT. Simpang Kiri Plantations, PT. Padang Palma Permai, PPKS, PTPN II dan IV, PT. LNK, PT. Socfin Indonesia, PT. United Kingdom, PT. Bridgestone Sumatra Rubber Estate, Musim Mas Group.

PT. Abdi Budi Mulia, PT. Sejahtera Mandiri Sawita 2, BOSS Simalungun, PT. Nusa Pusaka Kencana, Sinar Mas Group, PT. Gunung Mas Raya, PT. Bina Sain Cemerlang, PT. Agra Sawitindo, dan PT. Asian Agri.

Selanjutnya, pada tanggal 5-7 Juli 2021 dilaksanakan penyerahan mahasiswa ke beberapa lokasi PKL yang ada sekitaran kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Aceh Tamiang. 

Manager Kebun Sawit Seberang, PTPN II Bapak EM. Dolok Saribu menyambut baik kedatangan mahasiswa dan mengharapkan mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata  bagi perkebunan. 

Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna mendukung lulusan sebagai asisten kebun yang handal, professional dan berdaya saing.