Polbangtan Medan Gelar Bimtek

Polbangtan Medan Gelar Bimtek

Jumat, 2 April 2021

Aceh Tamiang| CN- Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) guna melahirkan penyuluh dan petani millenial.

Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini, mengatakan Bimtek yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tamiang diikuti 60 peserta dan dihadiri petani Swadaya dan petani biasa, di Aula Grand Arya, Jum’at (02/04/2021).

Output dari Bimtek ini, kata Direktur Polbangtan Medan, untuk meningkatkan peran serta Kostratani sebagai pusat gerakan pembangunan pertanian, yang merupakan wadah pembelajaran petani dan tempat memeroleh informasi teknologi maupun jejaring kemitraan untuk memasarkan produk.

 “Bimbingan teknis ini selaras dengan cita-cita yang akan dicapai Kementerian Pertanian dan Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM Pertanian tentunya,” jelasnya.

Seterusnya dilanjutkan sambutan, Muslim, SHI. MM, dalam hal ini ia mengajak para penyuluh pertanian tidak hanya sebagai penyuluh, melainkan harus bisa menjadi garda terdepan dalam program-program pertanian.

 “Jadilah penyuluh pertanian yang mumpuni yang bisa mengajak para petani menuju kebangkitan ekonomi lewat pertanian diera milenial ini,” ujar Muslim.

Kendati demikian diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas SDM pertanian, khususnya penyuluh.

Selain itu juga Muslim, menekankan bahwa Bimtek ini kiranya dapat menumbuhkan perkembangan wirausaha khususnya dibidang pertanian di era modern saat ini.

“Dengan adanya Bimtek ini diharapkan para penyuluh dan petani memahami terhadap konsep pertanian yang modern dan produktif,” harap Muslim Anggota DPR RI.

Turut hadir di acara yang digelar, Abdullah (Sekda Aceh Tamiang), Muslim SHI. MM(Anggota DPR-RI Komisi IV), Yunus, Sp (Kadis Pertanian, Pangan dan Peternakan Aceh Tamiang), Saiful Sofyan, SE(anggota DPRK Aceh Tamiang), Dekan Fakultas Pertanian Universitas Samudera, dan Praktisi Polbangtan Medan.(Amir)