Polbangtan Medan apresiasi para narasumber tampil pada kuliah tamu

Polbangtan Medan apresiasi para narasumber tampil pada kuliah tamu

Jumat, 26 February 2021

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan memberikan apresiasi terhadap para nasumber mereka yang baru saja membagikan ilmunya terkait penulisan publilasi ilmiah dan metode penelitian kepada mahasiswa.

"Kami patut mengucapkan terimakasih kepada seluruh narasumber telah banyak membagi ilmunya," kata Plt Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, di Medan, Jumat (26/2).

Narasumber dimaksud yakni Dosen Polbangtan Manokwari Oeng Anwarudin dan Detia Tri Yunandar, yang tampil hari pertama kuliah tamu (19/2/2021) kegiatan  membahas tentang teknik analisa data pada penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Kemudian narasumber yang tampil hari kedua (20/2/2021) peneliti BPPMSOH Maria F Palupi membawa materi "Strategi menulis artikel ilmiah untuk publikasi jurnal nasional dan internasional bereputasi"  dan Yoyon Haryanto dosen Polbangtan Bogor dengan materi “ Rancangan penelitian penyuluhan dan teknik penyusunan kuisioner penyuluhan”.

"Meski kuliah umum dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting, namun banyak ilmu yang diserap serta terbangunnya semangat mahasiswa (peserta) menulis," tuturnya.

Harapannya, para mahasiswa mampu menghasilkan inovasi teknologi yang dibutuhkan masyarakat, terutama di era industri 4.0 sehingga melalui inovasi teknologi ini akan mengatasi permasalahan di bidang pertanian di Indonesia.

"Pesan kita agar materi yang disampaikan oleh narasumber kedepannya agar ditindaklanjuti serta dipacu terus untuk meningkatkan kompetensi mahasiswsa terutama yang terkait dengan karya tulis," pintanya.

"Saya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah Metode Penelitian dan Teknik Penulisan dan Publikasi Ilmiah Polbangtan Medan yaitu Gusti Setiavani, Linda T.W.Astuti dan Firman R.L Silalahi yang sukses mempelopori kegiatan kuliah tamu yang dibuka  Plt Wakil Direktur I Polbangtan Medan Nurliana Harahap," ucapnya.