Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1443 H,  Ldk Al Falah Gelar Berbagai Kegiatan

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1443 H, Ldk Al Falah Gelar Berbagai Kegiatan

Selasa, 19 Oktober 2021

Maulid Nabi Muhammad SAW adalah peringatan untuk meningkatkan rasa cinta pada idola muslim seluruh dunia. Salah satunya dengan mengambil hikmah dari perjalanan Rasulullah SAW.
Guna memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 1443 H., LDK Al-Falah Polbangtan Medan melakukan kegiatan tausiyah dan beberapa lomba. Kegiatan lomba sudah dilaksanakan sejak 10-19 Oktober 2021 di Polbangtan Medan. Sementara untuk tausiah dilaksanakan 19 oktober 2021 dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB di Aula Polbangtan Medan.

Peringatan Maulid Nabi kali ini mengusung tema “ Generasi pemuda Islam yang dirindukan Rasulullah Saw ”.

Kegiatan  lomba terbagi menjadi dua yaitu, lomba untuk 22 orang anak-anak lingkungan Polbangtan Medan yang dilaksanakan secara offline bertempat di Masjid Al-Falah, Polbangtan Medan. Lomba untuk anak-anak meliputi do’a sehari hari, dan hafalan surat pendek. 8 anak terpilih menjadi juara satu, dua, dan tiga serta harapan satu.

Sementara lomba untuk mahasiswa tingkat satu, dua, dan tiga mengikuti lomba da’i ikhwan akhwat dan Poster ikhwan akhwat.

Setelah Tausiah dibuka langsung oleh oleh Ketua Panitia, M. Dimas Kurniawan, Acara dilanjutkan siraman rohani dengan menghadirkan Ustad Fuji Rahmadi.

Dalam ceramahnya, Ustadz Fuji Rahmadi menyampaikan sejarah perjuangan Nabi dan prilaku Nabi dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana kita mencintai Nabi agar kelak memperoleh Safaat di hari akhir nanti.

“Pemuda/i yang dirindukan Rasulullah adalah pemuda/i yang memiliki bekas sujud di wajahnya. yang bercahaya bersinar wajahnya” kata Ustadz. Fuji Rahmadi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan Maulid Nabi Muhammad 2021 masih diperingati di tengah pandemi Covid-19. Dia pun mengingatkan umat Islam untuk saling peduli dan bahu membahu di masa sulit akibat Covid-19.

"Mari, mengambil suri teladan dari sosok baginda Nabi Muhammad SAW begitu penyabar, berakhlak mulia, dan mendahulukan umatnya," jelas Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mengatakan pembentukan karakter insan pertanian juga dibutuhkan dalam pembangunan pertanian. 

“Kita bisa meneladani Rasulullah, bagaimana hubungan dengan Allah SWT, bagaiman hubungan dengan keluarga dan sesama, dan bagaimana hubungan kita dengan makhluk lainnya ciptaan Allah SWT,” ujar Dedi. 

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan tema peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tersebut menjadi acuan Polbangtan Medan khususnya mahasiswa untuk  meneladani akhlak Rosululloh SAW dengan  memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan ihklas, sopan, santun, tidak emosional, dan selalu humanis kepada masyarakat sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

“Nabi Muhammad SAW selama hidupnya dikenal sebagai pribadi yang terhormat di semua kalangan. Sudah selayaknya bagi tiap muslim untuk menjadikannya sebagai contoh. Semoga Maulid Nabi bisa menginspirasi untuk selalu taat sunnah dan Al Quran.

Kegiatan ini di akhiri dengan pengumuman pemenang lomba da’i ikhwan akhwat dan poster ikhwan akhwat.