Penyuluh millenial Sergai dapat pelatihan kompetensi dari Polbangtan Medan

Penyuluh millenial Sergai dapat pelatihan kompetensi dari Polbangtan Medan

Kamis, 8 April 2021

Serdang Bedagai (ANTARA) - Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi vokasional di bawah Kementerian Pertanian, Polbangtan Medan memberikan pelatihan kompetensi bagi penyuluh millenial di Kabupaten Serdang Bedagai.

"Kegiatan ini merupakan kewajiban untuk dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat luas, " kata Direktur Polbangtan Medan, Ir Yuliana Kansrini, M.Si di Medan, Kamis (8/4).

Polbangtan Medan di tahun 2021, salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang di lakukan Pembinaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai model Kostratani di Sergai. 

"Penyuluh harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi seperti digital, kompetensi ditingkatkan dengan aktif agar menambah pengetahuan dan networking sehingga dapat membantu memfasilitasi kebutuhan petani," katanya.

Sementara, Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polbangtan Medan, Firman R.L Silalahi, S.TP, MSi, menambahkan, apalagi di masa pandemi COVID-19 berbagai teknologi komunikasi aplikasi digunakan dan sangat membantu agar kinerja penyuluh optimal.

Dikatakan, kegiatan Pembinaan BPP ini tidak lepas dukungan Dinas Pertanian Kabupaten Sergai mulai 8 April hingga 29 Juni 2021 mendatang, dengan target capaian kompetensi 12 orang Penyuluh BPP Model Kostratani perwakilan di Sergai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

"Tentu hal itu tercapai tidak lepas dari pro aktif serta komitmen yang tinggi seluruh peserta dalam menerapkan pelatihan yang telah diberikan baik secara online dan offline," tambah Puji Wahyu Mulyani, SP, M.Sc selaku koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Sedang Ir Ridwan Effendi Gultom, MS, Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Sergai meyakini dengan meningkatnya kompetensi penyuluh pertanian Kabupaten Serdang Bedagai melalui pemanfaatan teknologi digital diharap semakin maju.

Penyuluh dalam pelatihan ini, kata Yuliana lebih jauh antara lain pengetahuan tentang cara penggunaan dan pengelolaan aplikasi Zoom mulai dari membuat undangan meeting, menjadi host, share screen, serta mengelola virtual meeting.

Sebagai fasilitator dalam kegiatan ini Yusra Muharami Lestari, M.SP yang berharap ilmu yang diperoleh penyuluh agar dapat dibagikan kepada PPL di BPP masing-masing. Yang senada disampaikan Nanang Lesmana, PPL BPP Pematang Sijoman akan membagikan ilmunya.