Pacu capaian kinerja, Polbangtan Kementan motivasi pegawai

Pacu capaian kinerja, Polbangtan Kementan motivasi pegawai

Jumat, 24 Desember 2021

Medan (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan komitmen untuk mendukung peningkatan lembaga guna meningkatkan pelayanan publik dan peningkatan manajemen organisasi pendidikan. 

Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja SDM pertanian di bawah lingkup Kementerian Pertanian adalah dengan meninjau capaian kinerja masing-masing unit, dari level tertinggi sampai level bawah.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menginginkan peningkatkan pelayanan dalam hal mendidik generasi milenial di sektor pertanian terus dilakukan. 

“Kita akan terus berusaha mencetak SDM Pertanian handal meneruskan dan mengisi pembangunan pertanian. Salah satunya yaitu melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan pendidikan vokasi sesuai standar sistem manajemen mutu sehingga norma-norma yang baik harus dijaga dan diteruskan,” tambahnya.

Sementara Kepala Badan penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan perlu dilakukan pemantapan Pendidikan vokasi pertanian.

"Tujuannya untuk mencetak lulusan yang berkualitas baik sebagai job seeker, job creator maupun pengusaha pertanian milenial," katanya.

Dalam pelaksanaannya, Polbangtan Medan sebagai salah satu UPT pendidikan Kementan terus berupaya maksimal mewujudkan keberhasilan dalam setiap program kegiatan pendidikan yang telah ditetapkan salah satunya dengan menggelar rapat capaian kinerja Politeknik Pembangunan Pertanian Medan Tahun 2021 di Hotel Adimulia, Senin-Rabu (20-22/12/2021). 

Hadir sebanyak 51 orang peserta sebagai perwakilan dari masing masing unit di Polbangtan Medan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Berbagai agenda yang dibahas dalam rapat seperti mendengarkan seluruh capaian kinerja, masalah dan penyelesaian masalah program kegiatan yang sudah dilaksanakan sampai dengan permasalahan apa yang dihadapi setiap satuan kerja, serta strategi apa yang akan ditempuh untuk mewujudkan keberhasilan dalam setiap program kegiatan pendidikan.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengelola dan pegawai Polbangtan Medan yang hadir atas  partisipasinya baik pemikiran dan fisik serta kerja kerasnya dalam memperoleh prestasi yang diberikan kepada Polbangtan Medan.

“Tahun ini kita memperoleh penghargaan sebagai Tokoh Koperasi dan prestasi Wilayah Bebas Korupsi. Semua itu berkat kerja keras pegawai Polbangtan Medan. Berkat sinergitas seluruh pegawai dalam melaksanakan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan dapat terwujud dengan baik, serta terciptanya efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan tentunya ini tidak terlepas dari komitmen bersama sejak awal untuk memajukan Polbangtan Medan yang bermartabat dan hebat,” kata Yuliana.

“Kita harus ingat bahwa pekerjaan tidak berhenti karena  penghargaan tersebut. Artinya, karena mempertahankan prestasi lebih sulit dibanding meraihnya maka kita harus lebih ektra kerja keras lagi. Saya harapkan kedepan kita bisa mempertahankan dan  menambah prestasi bagi Polbangtan Medan” tambahnya.

Hasil dari rapat capaian kinerja ini diharapkan mampu menjadikan motivasi bagi seluruh satuan unit kerja di Polbangtan Medan untuk mewujudkan program kegiatan yang penilaian kinerjanya dapat terukur, transparan dan akuntabel sesuai dengan rencana kerja masing-masing unit kedepannya.

Hal yang bersifat khusus dan teknis sebagai tindak lanjut dari rapat capaian kinerja kegiatan ini akan ditindaklanjuti secara intern dan direncanakan kegiatan rapat semacam ini akan diagendakan secara rutin untuk masa-masa yang akan datang.