Mahasiswa Polbangtan Medan bantu petani di Food Estate Humbahas Sumut

Mahasiswa Polbangtan Medan bantu petani di Food Estate Humbahas Sumut

Senin, 22 Maret 2021

Medan (ANTARA) - Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan sudah mengirimkan 100 lebih mahasiswa dan dosen ke Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut mendukung keberhasilan lumbung pangan atau "food estate" di kawasan itu.

"Tahap pertama tahun 2020, pengiriman mahasiswa dan dosen ke food estate hampir 40 orang dan tahap dua sebanyak 69 orang," ujar Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini di Medan, Senin (22/3).Dia mengatakan itu sesaat sebelum acara kegiatan Mentan Syahrul Yasin Limpo memberi kuliah umum di Polbangtan Medan.

Mentan berada di Medan sejak Senin hingga Selasa untuk melakukan panen kentang di Food Estate Humbang Hasundutan.
Dia menjelaskan, mahasiswa jurusan pertanian itu menjadi pendamping kelompok tani yang bekerja di Food Estate Humbang Hasundutan."Pendampingan kepada petani itu juga merupakan Program Merdeka Belajar dimana selama enam bulan setara dengan 21 SKS," katanya.

Yuliana menjelaskan, sebelum dikirim ke Food Estate Humbahas, para mahasiswa dibekali berbagai pelatihan khusus."Harapannya para mahasiswa bisa ikut mendukung kesuksesan Food Estate di Humbahas yang merupakan program pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengharapkan food estate di Humbahas bukan saja bisa menjaga ketahanan pangan di Sumut, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di kawasan itu.

Dia menjelaskan, dari seluas 3.000 hektare yang disiapkan pemerintah pusat di Food Estate Humbahas, tahap awal seluas 215 hektare sudah dikerjakan.Lahan seluas 215 hektare itu dipergunakan untuk pengembangan tanaman bawang merah, bawang putih dan kentang.