Kreativitas mahasiswa Polbangtan Kementan dipacu lewat Cikarsivitas

Kreativitas mahasiswa Polbangtan Kementan dipacu lewat Cikarsivitas

Selasa, 14 Desember 2021

Medan (ANTARA) - Kementerian Pertanian, melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), terus meningkatkan kreativitas petani milenial.Hal tersebut direalisasikan Polbangtan Medan dengan menggelar kegiatan cipta, karsa, rasa, seni dan kreativitas (Cikarsivitas) dengan tema `Pump Up Your Spirit With Healthy Competition At Cikarsivitas 2021`. 

Cikarcivitas Polbangtan Medan merupakan event besar yang diadakan di Polbangtan Medan setiap tahunnya.  Kegiatan berlangsung secara online dan offline di Polbangtan Medan sejak  tanggal 8 November sampai dengan 11 Desember 2021.  

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Kredibilitas generasi muda di bidang pertanian saat ini semakin berkembang. Saya makin percaya anak muda yang mau terjun di bidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik,” ujar Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menambahkan salah satu pondasi penting dalam pembangunan di Indonesia adalah pengembangan sumber daya manusia pertanian untuk menghasilkan tenaga yang profesional, mandiri, dan berdaya saing sangat penting untuk dilakukan. 

"Untuk itu, Kementan telah mencanangkan beberapa program dalam mengembangkan petani muda atau petani milenial," katanya.

Kegiatan Cikarsivitas diawali dengan pembukaan oleh Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di lapangan upacara Polbangtan Medan. 

Yuliana Kansrini mengatakan pelaksanaan Cikarsivitas 2021 dilakukan pada dua lokasi yang berbeda, yaitu pada kampus Polbangtan Medan baik online maupun offline dan secara offline di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit.

“Cikarsivitas Tahun 2021 ini disambut antusias mahasiswa Polbangtan Medan. Tunjukkan bakat serta keahlian kalian sebagai mahasiswa Polbangtan Medan. Jangan sia-siakan kesempatan dan teruslah kobarkan semangat kreativitas dan inovatif agar dapat mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” kata Yuliana.

“Saya ingin pelaksanaan Cikarsivitas ini berlangsung secara meriah. Mari tunjukkan bahwa mahasiswa Polbangtan Medan tidak hanya belajar saja. Tunjukkan bahwa mahasiswa Polbangtan Medan juga  memiliki kreativitas dan inovasi dalam bidang pertanian terutama selama pandemi Covid 19,” tambahnya.

Ketua panitia Cikarsivitas tahun 2021, Triya Dinata, mengatakan lomba tahun ini merupakan kesempatan yang sangat berharga karena dapat terlaksana secara offline dan online.  

Total cabang perlombaan yang dilaksanakan selama Cikarsivitas berlangsung sebanyak 9 cabang lomba pada bidang penalaran seperti lomba debat bahasa indonesia, lomba cerdas cermat  (LCC), lomba inovasi pertanian, lomba orasi ilmiah.

Lomba  penyuluhan bahasa inggris, lomba  vlog, lomba essai competitions, dan lomba fotografi jurnalistik. Pada bidang kesenian ada 8 cabang lomba seperti  lomba volk song, lomba tari kreasi, lomba tataboga, lomba karya busana limbah pertanian, lomba sketsa inovasi, lomba infografis cover lagu dan lomba musikalisasi puisi," katanya.

Sementara bidang olahraga memiliki 8 cabang lomba seperti lomba esport, lomba futsal, lomba voli putra/putri, lomba tenis meja putra, lomba atletik lari 3km putra/putri, lomba badminton putra/ putrid dan lomba senam. 

"Selama pelaksanaannya,  mahasiswa aktif dan bersaing secara sehat,” kata Triya.

Kegiatan Cikarsivitas 2021 ditutup dengan Closing Ceremony, Awarding Moment dan pemilihan Duta Polbangtan Medan 2021 (11/12). Dengan terlaksananya kegiatan Cikarsivitas ini, Polbangtan Medan dapat melahirkan generasi petani milenial yang unggul pada bidang penalaran, olahraga, dan kesenian.