Pengurus SAKA Taruna Bumi dilantik guna mewujudkan generasi muda cinta pertanian

Pengurus SAKA Taruna Bumi dilantik guna mewujudkan generasi muda cinta pertanian

Selasa, 9 November 2021

Medan (ANTARA) - Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) merupakan kegiatan tahunan Pramuka Polbangtan Medan. Kegiatan ini dilaksanakan guna untuk melantik Pimpinan Saka masa bakti 2021/2025 dan Saka Taruna Bumi Kwartir Cabang Deli Serdang. 

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba berupa kurve tenda, pensi, penjelajahan, dan vocal solo, serta LCTP. Perkemahan mulai dilaksanakan pada Jumat (29/10) di Bumi Perkemahan Sibolangit dengan jumlah peserta sebanyak 198 orang dan terbagi menjadi 11 sangga putra dan 7 sangga putri. 

Pada kegiatan ini juga diadakan lomba seperti lomba vocal solo dengan 1 orang perwakilan tiap-tiap sangga. Sabtu (30/10) setelah sarapan, penjelajahan dilaksanakan di sekitar lingkungan Bumi Perkemahan dengan terdiri dari 4 pos yang harus dilalui oleh para peserta. 

Selanjutnya Pelantikan Saka masa bakti 2021/2025  dan Saka Taruna Bumi Kwartir Cabang Deli Serdang dilaksanakan.Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Deli Serdang yang juga Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar melantik Pengurus Satuan Karya (SAKA) Pramuka Taruna Bumi masa bakti 2021  2025, bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit, Kecamatan Sibolangit.

Ketua Kwarcab HM. Ali Yusuf Siregar melantik Kadis Pertanian Kamaluddin  menjadi Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Taruna Bumi dan Wakil Direktur III Polbangtan Medan  Merlyn Mariana menjadi Ketua Satuan Karya (SAKA) Taruna Bumi beserta pengurus, Pamong Satuan Karya (SAKA) Taruna Bumi dan 5 krida yaitu Krida Pertanian dan Tanaman Pangan, Krida Tanaman Pangan, Krida Perikanan, Krida Peternakan dan Krida Tanaman Hortikultura.

Hadir pada pelantikan pengurus saka tersebut, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini , Kadis Perikanan Syarifah Alwiah  M.MA, Kadis Perindag  T.M Zaki Aufa, Kadis BPBD Zainal Abidin Hutagalung, Sekretaris Kwarcab H. Idris beserta Pengurus Kwarcab, mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan.

Dalam Sambutannya, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar mengatakan bahwa Pramuka adalah mitra kerja dari Kementerian maupun dinas terkait. Sebab Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya (SAKA) merupakan orang-orang yang punya minat dan bakat tinggi dalam bidang tertentu. 

Dalam Hal ini, Kementerian ataupun Dinas Pertanian merupakan wadah bagi pembinaan pramuka penegak dan pramuka pandega yang tergabung dalam Satuan Karya (SAKA) Taruna Bumi.

Pembinaan SAKA Taruna Bumi telah dimulai sejak Tahun 1966 melalui wadah-wadah yang diberi nama kompi-kompi pramuka taruna bumi. Sesuai dengan perkembangan gerakan pramuka dan pembangunan pertanian di Indonesia, maka sejak tahun 1984 kompi-kompi pramuka taruna bumi disempurnakan menjadi SAKA Taruna Bumi. 

SAKA Taruna Bumi terbentuk dengan tujuan untuk mewujudkan generasi muda yang cinta pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah di bidang pertanian bagi pramuka penegak dan pramuka pandega.Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. 

Menurutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peran sangat penting dalam pembangunan pertanian.
"Dan dengan Inovasi teknologi revolusi industri 4.0 dan society 5.0 diharapkan dapat menarik minat generasi muda untuk menumbuh kembangkan sektor pertanian dan dengan seiringnya berjalannya waktu lebih mencintai pertanian dan mau berusahatani di sektor pertanian," ujar Mentan SYL.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan Kementan tetap berkomitmen untuk terus memajukan dan menambah SDM pertanian yang berkualitas. 

Sebab, pertanian memiliki posisi penting terkait ketahanan pangan.Selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deli Serdang, HM. Ali Yusuf  Siregar sangat senang atas pembentukan SAKA Taruna Bumi di Kwarcab Deli Serdang.

Saya harapkan kakak-kakak para pimpinan SAKA Taruna Bumi dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dalam membina adik-adik di SAKA taruna Bumi  agar terwujud tujuan dan sasaran yang diinginkan dari Saka Taruna Bumi," ucapnya.

"Selamat mengabdi dan selamat berkarya di masa bakti 2021-2025. Kami menunggu karya kakak-kakak untuk menciptakan pramuka penegak dan pramuka pandega yang mampu menjaga ketahanan pangan dari segi pertanian,` kata Ketua Kwarcab. 

Puncak acara Perjusami dengan menyalakan api unggun dan pertunjukan pentas seni dari setiap sangga. Esok harinya kegiatan Perjusami ditutup dengan mengumumkan pemenang lomba.