Atas binaan Polbangtan Medan, BPP Secanggang panen Bibit Kakao dan dibagikan ke koptan

Atas binaan Polbangtan Medan, BPP Secanggang panen Bibit Kakao dan dibagikan ke koptan

Senin, 19 April 2021

Langkat (ANTARA) - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Secanggang memanen Bibit Kakao hasil binaan Polbangtan Medan untuk selanjutnya dibagikan ke kelompok tani (koptan) Maju di Desa Selotong, Kabupaten Langkat.

"Ratusan batang bibit kakao itu yang pindahtanamkan ke lahan petani itu bibit yang di tanam di lahan demplot pada 2020 lalu," kata Direktur Polbangtan Medan Ir Yuliana Kansrini MSi di Medan, Senin (19/4).

Polbangtan Medan salah satu penyelenggara pendidikan tinggi vokasional di bawah Kementerian Pertanian dan memberikan pelatihan kompetensi bagi penyuluh dalam Pembibitan seribuan Tanaman Kakao di BPP Secanggang.

"Saat itu penyuluh diberi kesempatan praktik langsung pembibitan tanaman kakao di lahan demplot disediakan. Bibit ini-lah yang di serahkan PPL BPP Secanggang kepada 30 koptan Langkat itu," jelasnya.

Kordinator BPP Secanggang Budi Silaban mengatakan dengan telah diserahkannya bibit kakao maka petani dapat memgembangkan bibit tanaman kakao pada lahan kelompok tani tersebut. 

Sementara itu, Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Polbangtan Medan, Firman R.L Silalahi, S.TP, MSi menyatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Polbangtan ini tentu berdampak positif bagi PPL BPP Secanggang. 

"Setidaknya ilmu yang ditransformasikan mulai teknik pembibitan tanaman kakao dan lainnya sangat bermanfaat bagi PPL juga kepada para petani yang menerima bantuan bibit yersebut dari BPP Secanggang," ujarnya.

Lebih jauh Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini berharap bibit kakao yang diserahkan BPP itu dapat tumbuh kembang dengan optimal sehingga kelak dapat memberikan nilai tambahan pendapatan para petani Desa Selotong itu.

"Tanaman kakao kini menjadi salah satu komoditi unggulan perkebunan yang berorientasi eksport dan tentunya dapat memberikan kesejahteraan kepada para petani ," kata Rahmad salah satu PPL BPP Secanggang menambahkan.